MINTALAH

1 Raja-raja 3:5-14

Berfirmanlah Allah: “Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.”

(1Raj. 3:5)

Ini lirik sebuah lagu Sekolah Minggu: “Apa yang dicari orang?/ Uang/ Apa yang dicari orang?/ Uang, uang, uang, bukan Tuhan Yesus/” Lagu itu dengan tepat menggambarkan kondisi masyarakat yang materialistik.

Tuhan menampakkan diri kepada Salomo dan berfirman: “Mintalah apa yang hendak Kuberikan kepadamu.” Itu adalah kesempatan emas bagi Salomo untuk makin mengokohkan kedudukannya sebagai seorang raja. Ia bisa meminta kekuatan, umur panjang, dan kemenangan atas musuh-musuhnya, atau kekayaan yang makin melimpah. Namun, ia meminta ini: “Maka berikanlah kepada hamba-Mu ini hati yang paham menimbang perkara untuk menghakimi umatmu dengan dapat membedakan antara yang baik dan yang jahat ….” (ay. 9). Salomo tahu bahwa yang diperlukannya adalah hikmat Tuhan untuk memimpin umat Tuhan yang sangat besar. Tuhan pun mengabulkan permohonan itu dengan memberi “hati yang penuh hikmat dan pengertian” (ay. 12). Bahkan, Tuhan menambahkan berkat berupa kekayaan dan kemuliaan yang tiada bandingnya pada zaman itu. Salomo dikenal sebagai raja yang kaya raya dan berhikmat.

Untuk melengkapi kehidupan kita, Tuhan mengizinkan kita untuk meminta kepada-Nya. Janji Tuhan Yesus: “mintalah, maka akan diberikan padamu” (Mat. 7:7). Percayalah, Bapa surgawi pasti akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya (Mat. 7:11).

DOA:

Terima kasih, Tuhan. Engkau berkenan mendengar dan mengabulkan permintaan kami. Amin.